Jadi orang produktif tidak harus bekerja terus menerus, tapi lebih ke bagaimana cara memanfaatkan waktu dengan efektif. Nih, beberapa tips biar lo makin produktif:
1. Bikin Prioritas (Jangan Semua Dikerjain Sekaligus)
Gunakan metode Matriks Eisenhower:
Penting & Mendesak → Kerja sekarang
Penting tapi Ngak Mendesak → Jadwalin
Nggak Penting tapi Mendesak → Delegasikan (kalau bisa)
Ngak Penting & Ngak Mendesak → Lewati aja
2. Gunakan Teknik Pomodoro
Kerja 25 menit → Istirahat 5 menit
Setelah 4 sesi, istirahat panjang 15-30 menit
3. Kurang Gangguan
Matikan notifikasi HP kalau lagi kerja
Gunakan mode "Do Not Disturb" atau aplikasi pemblokiran gangguan
4. Mulai dari yang Paling Susuh Dulu
Teknik "Eat the Frog" → Kerjakan tugas paling berat di awal biar nggak ditunda-tunda
5. Jangan Sempurna
Selesainya lebih baik dari sempurna tapi tidak kelar-kelar
6. Atur Waktu Istirahat
Tidur cukup biar otak nggak lemot
Olahraga & minum air yang cukup
7. Penjurnalan atau Pelacakan Kemajuan
Gunakan aplikasi daftar tugas seperti Notion, Todoist, atau Google Keep
Evaluasi tiap minggu: Apa yang berhasil & apa yang bisa diperbaiki
Kalau lo sering overthinking (kayak yang lo bilang sebelumnya), coba juga kasih waktu buat diri sendiri buat refleksi, tapi jangan kelamaan. Kadang, terlalu banyak mikir malah bikin lo nggak ngapa-ngapain. Mending mulai aja dulu!
0 Comments