TIPS PRODUKTIF

 


Jadi orang produktif tidak harus bekerja terus menerus, tapi lebih ke bagaimana cara memanfaatkan waktu dengan efektif. Nih, beberapa tips biar lo makin produktif:


1. Bikin Prioritas (Jangan Semua Dikerjain Sekaligus)

Gunakan metode Matriks Eisenhower:

Penting & Mendesak → Kerja sekarang

Penting tapi Ngak Mendesak → Jadwalin

Nggak Penting tapi Mendesak → Delegasikan (kalau bisa)

Ngak Penting & Ngak Mendesak → Lewati aja

2. Gunakan Teknik Pomodoro

Kerja 25 menit → Istirahat 5 menit

Setelah 4 sesi, istirahat panjang 15-30 menit

3. Kurang Gangguan

Matikan notifikasi HP kalau lagi kerja

Gunakan mode "Do Not Disturb" atau aplikasi pemblokiran gangguan

4. Mulai dari yang Paling Susuh Dulu

Teknik "Eat the Frog" → Kerjakan tugas paling berat di awal biar nggak ditunda-tunda

5. Jangan Sempurna

Selesainya lebih baik dari sempurna tapi tidak kelar-kelar

6. Atur Waktu Istirahat

Tidur cukup biar otak nggak lemot

Olahraga & minum air yang cukup

7. Penjurnalan atau Pelacakan Kemajuan

Gunakan aplikasi daftar tugas seperti Notion, Todoist, atau Google Keep


Evaluasi tiap minggu: Apa yang berhasil & apa yang bisa diperbaiki



Kalau lo sering overthinking (kayak yang lo bilang sebelumnya), coba juga kasih waktu buat diri sendiri buat refleksi, tapi jangan kelamaan. Kadang, terlalu banyak mikir malah bikin lo nggak ngapa-ngapain. Mending mulai aja dulu!



Post a Comment

0 Comments